Yuk, Mengenal Industri 3D Printing

Halo 3DGapers,

Pada kesempatan ini, kami ingin berbagi informasi seputar dunia 3D Printing.

Pernahkah kamu mendengar istilah 3D Printing?

Mungkin sebagian dari kita sudah pernah mendengar dan tahu tentang istilah 3D Printing dari beberapa media elektronik maupun internet.

3D Printing merupakan teknologi cetak tiga dimensi yang mulai dikenal pada awal tahun 2010 dan mulai menjadi populer saat sekarang ini, termasuk di Indonesia. Namun, perkembangan 3D Printing di Indonesia tidak terlalu maju seperti di beberapa negara di eropa dan asia timur seperti Cina dan Jepang. Hal ini dikarenakan masih sedikitnya informasi tentang industri 3D Printing dan kurangnya sosialisasi atau event yang menyelenggarakan pameran teknologi 3D Printing.

3D Printing dikenal dengan istilah “fabrikasi dekstop”, yaitu rangkaian pekerjaan yang menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk membuat suatu alat atau model visual tiga dimensi.

3D Printing berfungsi membuat objek tiga dimensi dari model 3D visual digital yang juga dikenal sebagai Additive Layer Manufacturing yang dirancang dengan bantuan software/program khusus 3D atau dengan cara men-download model 3D yang sudah disediakan oleh website tertentu di internet.

Munculnya teknologi 3D Printing atau cetak tiga dimensi sangat berpengaruh pada beberapa bidang industri, terutama dari segi ekonomi. Dengan teknologi tersebut, industri atau perusahaan mampu menghemat biaya produksi dalam membuat rapid prototyping sebelum diproduksi secara massal. Selain itu, kesalahan dalam membuat produk baru sebelum produksi massal bisa minimalisir.

Selain itu peranan teknologi 3D Printing sangat penting dalam beberapa bidang, seperti  industri otomotif, medis, arsitektur, pendidikan, manufaktur, produk dan lain sebagainya. Misalnya dalam bidang industri medis, teknologi 3D Printing mampu membantu para pasien yang mengalami masalah pada organ tubuh yang cedera. Pada bidang Antariksa, 3D Printing mampu membantu para astronot untuk membuat suatu alat tertentu. Tentunya masih banyak lagi yang bisa dilakukan teknologi 3D Printing dalam bidang lainnya. Bahkan saat ini, teknologi 3D Printing sudah mulai berkembang untuk kebutuhan personal dan rumah tangga.

Teknologi 3D Printing telah mengubah cara kerja sebuah industri atau perusahaan dalam membuat suatu produk. Bukan tidak mustahil, dimasa depan teknologi 3D Printing mampu mengubah kehidupan manusia menjadi lebih baik lagi. Happy Printing!

Leave a Reply