Sejarah Perkembangan Kamera

Hello Guys

Kalian pasti sudah nggak asing lagi dengan benda yang bernama kamera. Benda ini sudah menjadi kebutuhan di era digital saat ini. Kamera berfungsi untuk menangkap momen dengan menggunakan sensor cahaya yang hasilnya disebut dengan foto. Tapi kalian tahu nggak gimana sejarah benda ini? Berikut sejarah dari munculnya salah satu benda ini.

Pertama kali kamera disebut sebagai kamera Obscura yang berasal dari bahasa Latin yang berarti ruang gelap. Ditemukan pada sekitar tahun 1.000 setelah Masehi oleh Al-Haitam atau Al-hazen. Kamera diciptakan dengan konsep lubang kecil pada kotak gelap yang disinari cahaya mampu menghasilkan gambar. Perkembangan kamera terus dilakukan agar menghasilkan kualitas gambar yang baik.

Sumber: techno.okezone.com

 Pelat Kering Collidion

Sumber: mygroup2tik.blogspot.com

Setelah Obscura ada kamera Pelat Kering Collidin yang menjadi kamera generasi kedua yang ada di bumi, kamera ini mulai digunakan pada 1857, kamera ini adalah hasil penemuan dari Desire Van Monckhoven. Empat belas tahun kemudian, kamera pelat kering ini dimodifikasi oleh Richard Leach Maddox dan terciptalah pelat basah dengan kualitas dan kecepatan gambarnya yang  lebih baik daripada pelat kering guys.

 Kodak dan Kamera Film

Sumber : thesbuima.ml

Kamera ini muncul pada tahun 90-an dan  pasti kalian yang generasi 90-an familiar dengan kamera yang menggunakan roll film, lalu bisa juga dicetak menjadi foto yang bisa kalian cetak sewaktu-waktu. Kamera film ini disebut dengan Kodak dan mulai dikenalkan di masyarakat luas pada 1888. Kamera Kodak ini berhasil membuat harga yang sesuai tapi kamera ini masih kalah saing guys dengan kamera pelat yang kualitasnya lebih bagus dari si-Kodak.

TLR dan SLR

Sumber: inspirelax.blogspot.com

Kalian tau ga perbedaan dari kamera TLR dan SLR? TLR adalah kepanjangan dari Twin-Lens Reflex, sedangkan SLR adalah Single-Lens Reflex. Pada 1928, Franke dan Rolleiflex pertama kali membuat kamera TLR. Kamera ini dilengkapi dua lensa objektif dengan panjang focal yang sama. Satu lensa untuk mengambil gambar dan lensa satunya untuk menangkap bayangan.

Pada 1933 dilanjut dengan memproduksi kamera SLR. Terdapat satu buah lensa yang sudah dikombinasikan dengan sensor gambar digital. Tentu nya kamera SLR unggul jauh kalau dibanding TLR.

Kamera Digital dan Kamera Mirorless

Sumber: pricebook.co.id

Setelah kamera SLR dan TLR ada pendatang baru lagi ternyata guys, namanya kamera digital. Kamera digital pertama kali dikembangkan oleh Fuji pada 1988 dengan kapasitas menyimpan gambar menggunakan kartu memori 16MB. Kamera digital dikenalkan di masyarakat luas pada 1989. Format foto dari kamera ini mulai beralih menjadi JPEG dan MPEG.

Sumber: en.wikipedia.org

Tidak mau kalah dengan fuji, Nikon langsung tancap gas nih supaya tidak tertinggal. Pada 1999 kamera DSLR mulai mereka buat untuk menandingi kualitas dari fuji dan kamera pertama mereka beri nama Nikon D1. Kamera ini bisa menghasilkan gambar yang baik dan beresolusi tinggi. Sampai sekarang  DSLR masih banyak digunakan oleh fotografer karena mereka bisa mengganti lensa sesuai dnegan kebutuhan foto mereka.

Gimana guys? Keren-keren ya kameranya? Kayanya kita harus bilang makasih deh sama pakde-pakde yang udah nemuin kamera buat kita pakai sekarang. Nah, siapa tau diantara kita ada yang mau membuat kamera dengan teknologi yang lebih canggih dari mereka, jadi nanti bisa sejajar deh namanya sama pakde-pakde yang nemuin kamera tersebut.

WhatsApp chat