Macam-macam Ukuran Cetak Foto

Hello Guys,

Kalian pasti pernah nyetak foto kan? Cetak foto biasanya digunakan untuk melamar kerja,ijazah,atau yang lainnya. Nah biasanya kalian cetak dengan ukuran 3 x 4 atau 2 x 3, tapi kalian tau nggak sih ada banyak loh ukuran cetak foto yang pasti kalian belum tau, mau tau apa aja? Nih kita kasih penjelasannya guys.

  1. Ukuran 2 x 3 cm

Ukuran ini biasa digunakan untuk dokumen-dokumen pribadi seperti KTP,SIM, dan lain-lain.  Ukuran ini biasanya digunakan untuk keperluan yang tidak terlalu formal.

 

  1. Ukuran 3 x 4 cm

Lebih besar dari 2 x 3 ukuran 3 x 4 juga menjadi salah satu ukuran cetak foto. Ukuran ini biasa digunakan untuk dokumen-dokumen formal seperti ijazah,CV, dan lainnya. Karena ukuran ini digunakan untuk formal maka biasanya ukuran ini dicetak dengan warna background merah/biru.

 

  1. Ukuran 3R

Ukuran jenis ini umumnya berbentuk seperti kartu pos, dalam satuan cm, ukuran ini adalah 8,9 x 12,7 cm. Jika ingin mencetak dengan ukuran ini lebih baik menggunakan pixel yang tinggi agar saat dicetak gambar tidak pecah.

 

  1. Ukuran 4R

10,2 x 15,2 cm adalah ukuran dari 4R, dilihat dari ukurannya, 4R lebih besar dibandingkan dari ukuran 3R. Jadi guys, kita saranin kalau mau nyetak ukuran ini biasakan menggunakan ukuran pixel yang besar ya, agar mencegah dari hasil gambar yang pecah.

 

  1. Ukuran 5R

Selain ukuran 3 dan 4 R ada juga ukuran 5R. ukuran ini dalam satuan cm adalah 12,7 x 17,8 cm. Jenis ukuran ini biasanya bisa kita gunakan untuk mencetak foto kenang-kenangan,momen kelulusan, dan juga momen ulang tahun. Ukuran ini biasanya juga dijadikan panjangan dinding dan jangan khawatir karena ukuran ini sudah memiliki bingkai sesuai dengan ukuran 5R.

 

  1. Ukuran 8R

Nah berbeda dengan ukuran yang lain, ukuran 8R memiliki kelebihan sendiri loh guys. Ukuran 8R ada 2 jenis ternyata guys. Yang pertama ukuran 8R biasa yaitu 8 x 10 cm nah yang satunya adalah 8R plus dengan ukuran 8 x 12 cm.

 

  1. Ukuran 10R

Yang terakhir adalah ukuran 10R yang  ukurannya termasuk besar di ukuran cetak foto. Dalam satuan cm ukurannya adalah 10 x 12 inchi. Untuk mencetak ukuran ini diperlukan pixel yang besar ya guys.

 

Gimana guys sekarang udah paham kan jenis-jenis ukuran foto nya? Jadi kalian gak usah pusing lagi untuk menentukan ingin cetak foto dengan ukuran berapa.

WhatsApp chat