Macam-macam Jenis Kertas Stiker

Hello guys,

Kalian semua pasti udah nggak asing kalo mendengar kata stiker. Stiker/sticker adalah suatu media informasi visual yang berupa lembaran kertas kecil atau plastik yang dapat ditempel. Jadi guys, selain untuk hiasan ternyata stiker juga berfungsi sebagai salah satu alat pemasaran dari sebuah perusahaan loh. Stiker ini banyak jenis kertasnya guys, mau tahu apa aja? Yuk kita simak bareng-bareng.

  1. Kertas Vinyl

Jenis kertas vinyl merupakan jenis kertas yang sangat baik dan paling cocok untuk pembuatan stiker karena jenis kertas ini tahan air. Kertas ini memiliki permukaan yang glossy dan bertekstur plastik yang lentur serta mempunyai daya tahan yang baik terhadap panas dan air.

  1. Kertas Yupo

Yupo terbuat dari bahan baku sintetis, kertas jenis ini sangat tahan air, minyak, maupun bahan kimia lainnya. Jenis kertas ini cocok untuk kita gunakan apabila digunakan di ruang terbuka guys, jadi gk takut rusak deh.

  1. Kertas Gold Foil

Kertas ini berwarna keemasan dan biasanya digunakan untuk objek yang dicetak agar  berwarna keemasan, tapi kertas jenis ini harus menggunakan lem sebagai alat perekatnya, lem digunakan secara terpisah dan jenis kertas ini harus menggunakan lem yang khusus.

  1. Kertas Stiker Chrome

Jenis kertas  ini biasa digunakan untuk melapisi body kendaraan bermotor. Kertas ini tidak mudah lecet dan tergores serta memiliki lapisan glitter atau kilau sehingga dapat membuat body kendaraan mengkilap. Kalo bahasa anak motornya itu skotlet guys.

  1. Kertas Bontax

Tekstur seperti kertas biasa namun mempunyai daya rekat yang sangat baik dan biasanya digunakan dalam berbagai macam kemasan produk, itulah yang menjadi keunggulan dari dari kertas bontax.

  1. Kertas HVS

Ternyata hvs bukan hanya digunakan untuk mencetak tugas-tugas ya guys, kertas ini juga bisa digunakan untuk mencetak stiker loh. Kertas  ini pada umumnya mempunyai Ukuran A4 21 x 29,7 cm. kertas ini digunakan dalam pembuatan stiker digunakan dalam ruangan. Kelemahan dari jenis ini adalah daya rekat lem yang kurang kuat sehingga mudah mengelupas.

  1. Kertas Oracal

Karakteristik yang lentur, tahan lama dan tidak memantulkan cahaya serta memiliki ketahanan warna yang kuat menjadikan oracal adalah jenis kertas yang paling baik untuk membuat stiker.

 

Nah guys itu dia jenis kertas yang digunakan untuk membuat stiker. Untuk kalian yang ingin membuat stiker jangan sampe salah memilih jenis kertas ya, karena kalo salah bisa nggak bagus hasilnya tentunya kamu bakal cetak ulang dan itu pasti memakan duit yang banyak guys. Jadi jangan sia-siain info yang dikasih ilikegap.com ya guys!

WhatsApp chat