Sejarah Perkembangan Kaos di Dunia

Hello guys

Kalian pasti udah nggak asing lagi kalo denger kata kaos/T-shirt. Tapi kalian tahu nggak awal mulanya? Terus kenapa bisa disebut T-shirt? Kalian mau tahu? Jadi guys, Pada  umumnya kaos/T-shirt menggunakan bahan jenis katun dan polyester. Kaos oblong atau T-shirt mulai di populerkan oleh Marlon Brando pada tahun 1947, dia adalah salah seorang aktor kelahiran 3 April 1924 berkebangsaan Amerika Serikat yang meraih penghargaan bergengsi yakni menjadi nominasi aktor terbaik.

Pada awalnya Marlon Brando memakai pakaian kaos oblong atau T-shirt dalam pertunjukan acara teater. Dalam memerankan perannya, pakaian kaos oblong atau T-shirt ternyata sangat sesuai dengan peran yang di perankannya.Tidak heran ketika memerankan peran tersebut penonton berdecak kagum dan terpukau.

Namun demikian, meski ada beberapa penonton pada saat itu yang protes, yang kemudian memiliki anggapan bahwa memakai kaos oblong atau T-shirt merupakan bentuk pemberontakan. Semenjak terjadinya polemik yang muncul, menjadikan pakaian kaos oblong  atau T-shirt menjadi perbincangan di kalangan masyarakat pada masa itu.

Selain Marlon ternyata ada lagi yang mempopulerkan barang ini loh. Pada abad ke 19 sampai awal abad 20, kaos digunakan sebagai pakaian dalam tentara Inggris dan Amerika, pada masa itu dikenakan untuk melakukan aktifitas olahraga maupun aktifitas lainnya di luar tugas ketentaraan.

Nama T-shirt dikarenakan bentuknya jika di bentangkan menyerupai huruf “T”, atau dikarenakan pada saat itu pasukan militer sering menggunakannya sebagai “training shirt” sehingga muncullah nama jenis pakaian kaos ini dengan panggilan “T-shirt”. Lalu gimana perkembangan T-shirt di Indonesia?

T-shirt mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1970, tetapi nggak se keren jaman sekarang ya guys.  Pada jaman itu T-shirt pada umumnya masih berwarna putih polos. Seiring berkembangnya jaman, pada 1990 industri ini berkembang pesat dan juga sudah dipasarkan di pusat perbelanjaan yang besar dan pada tahun 2000 an kaos semakin menjadi industri yang berkembang sehingga sekarang kaos masuk menjadi salah satu industri kreatif. Ini semua terbukti dengan banyaknya toko-toko baju kaos atau sekarang bahasa kerennya distro guys.

Semakin besar dan juga makin banyaknya peminat, kaos berubah menjadi pakaian yang digunakan sehari-hari, berbeda dari yang dulu kaos yang polos berhasil diubah menjadi pakaian yang menarik dengan desain-desain yang ada, jadi guys kalian jangan sampai ketinggalan jaman, langsung aja cetak kaos kalian di ilikegap.com. Happy printing guys!

 

 

 

 

WhatsApp chat